Semarakkan Syiar Islam, Siswa MTs. Miftahul Ulum 2 Ikuti Lomba Tartil Al-Qur’an Online Nasional

Muharram memang bulan Istimewa dalam Islam. Di samping Muharram adalah bulan pertama dalam Kalender Hijriyah, Muharram juga salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam yang dikenal dengan Bulan Haram (Asyhur Hurum) sebagaimana dalam nash Al-Qur’an (QS. At-Taubah 9: Ayat 36)

Beragam acara dan kegiatan dilaksanakan oleh umat Islam dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 tahun ini; baik yang diselenggarakan oleh masyarakat, organisasi, lembaga pendidikan atau bahkan partai politik. Mulai dari tasyakuran, istighasah dan doa bersama, muhasabah, seminar online dan bahkan kegiatan perlombaan-perlombaan yang bernuansa Islami yang juga serba online atau dalam jaringan.

Salah satu dari sekian lomba yang diselenggrakan via online adalah Lomba Tartil Al-Qur’an. Lomba ini merupakan salah satu perlombaan yang banyak diminati oleh masyarakat. Lomba yang diselenggarakan oleh Pengurus Partai Golkar Jawa Timur banyak diminati oleh masyarakat luas di Indonesia. Pasalnya para peserta tidak hanya untuk kalangan anak-anak seperti pada event MTQ umumnya. Tetapi bersifat umum untuk semua kalangan. Menurut Informasi yang beredar di media sosial, lomba tersebut bisa diikuti oleh siapapun yang penting warga Indonesia. Pun umurnya juga agak longgar, mulai anak-anak hingga dewasa.

Berangkat dari semangat menyemarakkan dan menyambut tahun baru Islam 1442 H ini, MTs. Miftahul Umum 2 melalui Waka. Kesiswaan ikut andil dalam Lomba Tartil Al-Qur’an tersebut. Zainul Arifin, SH selaku Waka. Kesiswaan MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul menuturkan bahwa MTs. MU 2 telah ikut berpartisipasi dalam event nasional ini, dengan mengikutsertakan salah satu peserta didiknya yang sedang duduk di bangku Kelas 8 yaitu Ahmad Efendi.

“Kita ambil bagian dalam lomba ini. Kita telah mengirim Video siswa kita Ahmad Efendi siswa Kelas 8.” Ujar Zainul

Lebih lanjut, Pria yang masih lajang ini mengungkapkan bahwa keikutsertaan MTs. Miftahul Ulum 2 dalam event ini bukan semata-mata mencari kejuaraan tetapi untuk syi’ar Islam dan sarana evaluasi keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler madrasah

“Bukan kejuaraan yang kami cari. Tetapi untuk melatih mental siswa agar tidak takut dan gugup tampil di depan umum.” Imbuhnya

“Di samping itu, yang terpenting dari hasil event ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana keberhasilan dan efektivitas kegiatan ekstrakurikuler madrasah.” Pungkasnya

Senada dengan Waka. Kesiswaan, Kepala Madrasah, Sahroni,. S.Pd.I., M.Pd sangat mendukung langkah ini. Lomba bukan hanya mencari kejuaraan tetapi untuk syiar Islam.

“Sangat mendukung langkah Waka. Kesiswaan bahwa lomba ini bukan untuk juara semata apalagi hanya mengharapkan hadiah. Tetapi demi syiar Islam”

Sekedar informasi : Pendaftaran dan Pengiriman Video dimualai 10 – 23 Agustus 2020. Sedangkan para juara akan diumumkan pada tanggal 29 Agustus 2020 secara Live via Youtube dan Zoom Panitia Penyelenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *