Rapat Kerja MTs. Miftahul Ulum 2 Tahun 2022


Sabtu (25/12/2021) di saat umumnya lembaga lain libur nasional, kami civitas madrasah melaksanakan Rapat Kerja Madrasah Tahun Kerja Tahun 2022. Pelaksanaan Raker ni dimaksudkan untuk merencanakan dan menyiapkan program kerja kelembagaan setahun ke depan, sehingga dapat bersinergi dengan program kerja Yayasan PP. Miftahul Ulum yang menaungi MTs. Miftahul Ulum 2 ini.
Mengawali kegiatan, Kepala Madrasah Sahroni, M.Pd, S.Pd.I yang bertindak sebagai pimpinan raker mengajak semua kolega yang dalam hal ini dewan guru dan staf untuk berdoa, mengharapkan kelancaran proses rapat dan mendapat ridho Allah SWT dalam berikhtiar di dunia pendidikan.

Dalam sambutannya, kepala madrasah mengharapkan kerjasama yang baik antar guru, staf, dan antar lembaga di lingkungan pesantren. Khusus untuk dewan guru dan staf, kepala madrasah yang akrab disapa Ustadz Sahroni ini mengharapkan agar terus berinovasi dan menggali serta mengasah potensi masing-masing pribadi. Menurutnya, dunia pendidikan hari ini sudah berbeda dengan 2 tahun sebelumnya, baik itu di ranah tata kelola maupun di wilayah pembelajaran – maka sangat perlu bagi civitas ini untuk merencanakan langkah strategis secara menyeluruh guna memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik setidaknya selama satu tahun ke depan.

Perwakilan komite madrasah berikutnya memberi sambutan kedua diwakili oleh Imam Baihaki, M.H. beliau sangat mengapresiasi langkah-langkah yang ditempuh oleh MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid. Komunikasi yang selama ini dilakukan oleh kepala madrasah dengan banyak pihak (termasuk dengan komite) memberikan banyak opsi untuk berpikir, bersikap, dan bertindak dalam menjalankan program madrasah. Baginya, Nahkoda madrasah dalam hal ini kepala madrasah handal dalam menampung ide/gagasan dan meramu menjadi program-program yang sejalan dengan aspek-aspek kekinian.

Di akhir sambutannya beliau berterimakasih kepada seluruh dewan guru dan staf yang telah bekerja dengan ikhlas berusaha mencetak generasi penerus bangsa yang berakhlakul karimah. “Saya mewakili komite berharap banyak dengan program kerja madrasah melalui raker hari ini, komite akan senantiasa mendukung setiap proses yang dijalankan oleh MTs. Miftahul Ulum 2. InsyaAllah dengan berjalannya waktu, lembaga yang masih memasuki tahun ketiga ini akan semakin dewasa dan akan menjadi rujukan madrasah lain, aamiin.” Harapnya menutup sambutan.

Acara berlanjut dengan pemaparan masing-masing wakil kepala, kabag tata usaha, dan pengampu ekstrakurikuler. Salah satunya yang menarik yaitu ekstrakurikuler yang sudah ada sebelumnya dilebur menjadi beberapa klub/kelompok, tujuannya agar memudahkan managerial dan mengefisiensikan serta mengoptimalkan potensi siswa peserta ekstrakurikuler. Beberapa klub ekstrakurikuler yang diputuskan yaitu: Klub Matematika, Klub Sains, Klub Bahasa, Klub Humaniora, Klub Seni, dan Klub Olahraga.

Diakhir kegiatan, Kepala Madrasah sekali lagi mengingatkan agar seluruh komponen madrasah dapat mengoptimalkan sumberdaya yang sudah ada dan menjalin komunikasi dengan baik. Tata kelola managerial dan penguatan kompetensi internal serta mendayagunakan teknologi komputasi yang sejalan dengan perkembangan zaman perlu sekali untuk ditingkatkan. “Tidak ada kata terlambat untuk berusaha lebih baik.” Ungkap beliau.

Akhirnya Raker ditutup dengan pembacaan doa mengharapkan keridhaan Allah SWT dalam menjalani proses dan menjadi penerang dunia dengan ilmu pengetahuan dan proses endidikan, semoga dapat istiqomah dan diberkahi apa yang ada di lingkungan madrasah. Aamiin Yaa Robbal Allamin.

3 Replies to “Rapat Kerja MTs. Miftahul Ulum 2 Tahun 2022”

Leave a Reply

Your email address will not be published.