Pertemuan Triwulan KKMTs Kabupaten Lumajang

Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kabupaten Lumajang masa kembali menggelar pertemuan rutin yang diadakan setiap triwulan, Selasa (16/02/21). Pertemuan kali ini merupakan pertemuan perdana bagi kepengurusan KKMTs Kabupaten Lumajang sejak di lantik Desember 2020 tiga bulan yang lalu.

Pertemuan pertama di tahun 2021 ini digelar di Wilayah KKMTs V di Aula MTs. Miftahul Midad Sumberejo Sukodono Lumajang dan dihadiri oleh seluruh Kepala Madrasah Tsanawiyah Se-Kabupaten Lumajang yang jumlahnya mencapai seratus lebih. Turut hadir Kasie. Pendma, Ketua KKMTs Kabupaten, Pengawas Madrasah Tsanawiyah Tingkat Madrasah Tsanawiyah Lumajang, Drs. Djatto, M.M dan Drs. Ruli, S.Pd

Kelompok Kerja Madrasah menjadi forum kepala madradah untuk berdiskusi dan bertukar pikir rangka mengembangkan kualitas mutu pendidikan madrasah dalam memenuhi 8 standar nasional pendidikan (SNP).

Baca Juga : KEPALA MADRASAH HADIRI PELANTIKAN PENGURUS KKM MTS. KAB. LUMAJANG MASA BAKTI 2020-2023

Kegiatan dimulai pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Madrasah, sambutan-sambutan : kepala MTs. Miftahul Midad, Ketua KKMTs Kabupaten, Kasie. Pendma dan Pengawas Madrasah.

Kepala MTs. Miftahul Midad, Umar, S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf jika penghormatan kepada kepala madrasah yang hadir dalam pertemuan kurang maksimal dan banyak kekurangan. Kepala madrasah generasi kedua ini juga mengungkapkan kebahagiaannya sangat karena madrasahnya dipercaya sebagai tuan rumah pertemuan rutin KKMTs Kabupaten yang dilaksanakan setiap triwulan tersebut.

Sembutan kedua disampaikan oleh Ketua KKMTs Kab. Lumajang, Jailani, S.Ag. Kepala MTs.N 1 Lumajang ini menyampaikan beberapa point sebagai berikut :

  1. KKM di wilayah KKMTs wilayah V ada resuhfle kepengurusan du tingkat ketua. Karena ketua yang lama diangkat menjadi kepala Madrasah Aliyah
  2. KKMTs Kabupaten Lumajang mengadakan lomba pembuatan video penerapan protokol kesehatan. Semua madrasah tsanawiyah wajib mengikuti kegiatan tersebut. Waktu pendaftaran diperpanjang hingga 22 Februari 2021.
  3. Semua madrasah diminta pro-aktif untuk terus meng-update dan menvalidkan data EMIS, Simpatika dan NISN.
  4. Mengharap KKM Wilayah agar membntu mengumpulkan daat-data seluruh siswa secara detail dari madrasah-madrasah yang berada di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Kasie. Pendma Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, H. Hasanuddin M.Pd.I mengawali sambutannya menegaskan bahwa layanan pendidikan di koordinasi Kementerian Agama harus tetap berjalan dengan sebaik-baiknya. Mantan Kepala MAN Lumajang ini juga mengajak kepala madrasah yang hadir, agar proses pembelajaran tetap berjalan efektif dan maksimal walaupun pandemi belum berakhir.

Baca Juga : INILAH HASIL RAPAT KERJA KKM MTS. KABUPATEN LUMAJANG 2020-2023

“Layanan pendidikan harus tetap kitajalankan dengan efektif dan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.” ucap Kasie. Pendma H. Hasanuddin, M.Pd.I mengawali sambutannya

Pria yang akrab disapa Ustadz juga agar tidak ada lagi kepala yang merangkap sebagai operator dan jabatan-jabatan yang lain. Madrasah juga dituntut untuk selalu update dan melalukan validasi data-data madrasah, guru dan siswa yang berbasis aplikasi online, mulai dari EMIS, Simpatika dan NISN peserta didik sebagaimana yang sedang digerakkan oleh Direktorat KSKK Kementerian Agama RI.

“Madrasah harus betul-betul memastikan bahwa data-data di EMIS, Simpatika, dan NISN betul-betul valid sebagaimana harapan Direktorat KSKK.” terangnya

Peran kepala madrasah diharapkan betul-betul mampu menerapkan jaminan mutu madrasah. Ke depan madrasah dituntut dapat menjawab tantangan dan kemajuan teknologi informasi. Tentu madrasah harus tetap berada dalam koridor dan karakter madrasah yaitu sebagai lembaga pendidikan yang berkarakter ke-Islam-an dan mendepankan Akhlakul Karimah

“Semuanya bisa terwujud dengan membangun sinergitas antara kepala madrasah, pengurus yayasan dan komite madrasah.” pungkasnya

Sementara itu, Drs. Djatto, M.M. dalam sambutan singkat menyampaikan bahwa apa yang disampaikan oleh Ketua KKM Kabupaten dan Kasie Pendma tadi sudah banyak dan lebih dari cukup memotivasi madrasah agar lebih maju. Menurutnya program dan upaya Kementerian Agama dalam rangka memajukan madrasah sudah luar biasa, mulai dari e-Learning, madrasah reform dan lain sebagainya.

“Sudah banyak yang disampaikan oleh Ketua KKMTs dan Kasie. Pendma sudah lengkap dan cukup. Tapi intinya satu, madrasah bisa hebat, madrasah akan Bagus mana kali muridnya ada.”

“Program kerja bagus, RKM, RAKM, RKTM dan lain-lain sudah bagus tapi muridnya tidak ada. Ya percuma. Ke depan tidak boleh ada lagi program yang muncul baru bangun tidur. Program Kerja harus ditata diawal berdasarkan hasil Evaluasi Diri Madrasah” imbuhnya

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd yang hadir dalam kegiatan tersebut menilai forum KKM tersebut sangat penting bagi kepala madrasah untuk berdiskusi dan sharing informasi serta pengalaman dalam rangka mengembangkan kualitas mutu pendidikan madrasah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *