Pertemuan Triwulan KKMTs. Kabupaten dan Pembinaan oleh Kepala Kemenag Lumajang

Pertemuan Triwulan KKMTs. Kabupaten hari ini, Sabtu (16/10/21) berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya. Pasalnya agenda rutin tiga bulanan yang digelar di MTs. Negeri 2 Tempursari Lumajang tidak hanya dihadiri oleh pengurus KKM, Kasie. Pendma saja, tetapi juga dihadiri langsung oleh kepala Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Muhammad Muslim, S.Ag., M.Sy.

Baca juga :

PERTEMUAN TRI WULAN DAN HALAL BIHALAL KKMTS KABUPATEN LUMAJANG

Kehadiran orang nomor satu di Kemenag Lumajang tersebut disambut meriah oleh kepala dan Civitas MTsN 2 Lumajang. Sebelum memasuki ruangan rapat, Cak Muslim – Sapaan akrabnya – mendapatkan kalung bunga dari tuan rumah. Kehadiran mantan aktivis PMII tersebut disamping untuk silaturrahim ta’aruf sebagai orang baru di Lumajang tetapi juga dalam rangka memberikan pembinaan kepada seluruh kepala madrasah tsanawiyah se Kabupaten Lumajang yang hadir dalam kegiatan rutin tersebut.

Dalam arahannya, Kepala Kemenag mendorong kepala madrasah untuk melakukan inovasi-inovasi dalam rangka mewujudkan madrasah yang maju dan berkualitas. Di samping itu, teman akrab Bupati Lumajang ini menegaskan madrasah haru menjadi lokomotif dalam gerakan moderasi beragama.

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, sangat sependapat dengan kepala kemenag tersebut. Menurut Sahroni, S.Pd.I., M.Pd sekarang bukan zamannya berbangga diri dengan kuantitas siswa yang besar namun minim kualitas. Sarana prasarana yang lengkap juga harus mampu membangun budaya dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang berimplikasi munculnya prestasi guru dan peserta didik.

“Sudah bukan zamannya kita bangga dengan kuantitas siswa yang banyak namun tidak diimbangi dengan kualitas. Kepercayaan masyarakat harus kita rawat dengan mengoptimalkan potensi peserta didik sehingga menjadi sebuah prestasi.” ucapnya

Keterbatasan sarana yang jamak terjadi di madrasah bukanlah sebuah alasan untuk tidak berprestasi. Begitu juga sebaliknya, sarana yang lengkap tidak lah banyak berguna jika tidak dimaksimalkan untuk membangun budaya pembelajaran yang efektif.

Dalam kesempatan tersebut, di samping agenda kemadrasahan dan membahas isu-isu terkini tentang madrasah, pengurus KKMTs Kabupaten sengaja mengemas acara dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad saw tahun 1443 H. Lantunan dan pembacaan Maulid dibacakan oleh sebagian siswa-siswi MTs.N 2 Lumajang dengan diiringi Hadrah Al-Banjari.

2 Replies to “Pertemuan Triwulan KKMTs. Kabupaten dan Pembinaan oleh Kepala Kemenag Lumajang”

Leave a Reply

Your email address will not be published.