Penutupan LDK Pengurus UKM, Hadirkan Narasumber dari Puskesmas Jatiroto

Hari terakhir pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pengurus Usaha Kesehatan Madrasah (UKM) tampak berbeda dengan dua hari pelaksanaan sebelumnya. Pasalnya di hari ketiga dan penutupan tersebut, panitia pelaksana menghadirkan petugas dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Jatiroto, H. Muki Erwansyah, S. Kep. Ners.

Dalam pacarannya, ASN Puskesmas Jatiroto tersebut menjelaskan bahwa fungsi dan tujuan Usaha Kesehatan Madrasah (UKM) adalah upaya memberikan membina dan edukasi serta ikhtiar untuk mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di madrasah atau sekolah.

Pria yang saat ini bermukim di Jatiroto ini juga menekankan kepada seluruh peserta LDK, akan pentingnya keberadaan UKM. Pengurus UKM harus menjadi garis terdepan dalam membangun dan mewujudkan budaya hidup bersih dan sehat di madrasah masing-masing. Apalagi pada musim pandemi yang sudah hampir setahun ini. Protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat dan tegas demi kebaikan bersama.

“Pengurus UKM ini harus menjadi garda terdepan dalam mewujudkan budaya perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan madrasah. Terlebih di musim pandemi covid 19 yang hingga saat ini belum berakhir.” tegasnya

Di hari terakhir tersebut, para peserta tidak hanya dibekali dengan dasar-dasar ilmu kesehatan, H. Muki sapan akrab H. Muki Erwamsyah selaku narasumber mendemonstrasikan tata cara dan langkah-langkah dalam memberikan pertolongan pertama kepada orang yang sakit.

Para peserta LDK yang terdiri pengurus UKM dari tingkat tsanawiyah dan aliyah tersebut tampak semakin khidmat dan antusias mendengarkan dan melihat demonstrasi yang dilakukan oleh narasumber.

Usai penyampaian materi, para peserta yang dinyatakan lolos dalam kegiatan LDK tersebut menerima sertifikat LDK. Penyerahan sertifikat, diberikan langsung oleh Ketua Poskestren Miftahul Ulum dan Petugas Kesehatan Puskesmas Jatiroto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *