Pembinaan Kepala Madrasah, Kasie. Pendma : Kepala Madrasah Harus Menjadi Motor Penggerak Kemajuan Madrasah

Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dan proses belajar siswa membutuhkan peran berbagai pihak, salah satunya kepala madrasah. Bahkan kepala madrasah berperan penting sebagai pemimpin dalam manajemen sekolah, termasuk mengatur guru dan siswa.

Untuk itu, kepala madrasah harus memiliki kompetensi memadai untuk menggerakkan dan mengembangkan semua potensi yang ada di sekolah sehingga terjadi perubahan positif yang bisa dilihat dari hasil belajar siswa.

Untuk mewujudkan madrasah yang lebih baik. Kepala harus kerja cepat dan kerja cerdas. Kepala adalah leader, kepala adalah manajer kepala adalah pemegang kebijakan.

Oleh karena itu, kepala madrasah harus terus menerus meningkatkan kompetensinya agar tetap dapat mengimbangi perubahan-perubahan yang ada, sehingga kepala madrasah akan menjadi motor penggerak bagi program-program kerja yang strategis dalam rangka meningkatkan dan memajukan kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya.

“Kepala Madrasah harus KEMANA KAU SUSI (Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi dan Sosial Komunikasi).

Kepribadian

Kepala harus memiliki kepribadian yang baik. Kepala harus menjadi contoh dan tauladan bagi semua masyarakat madrasah. Guru, karyawan dan semua guru di madrasah.

Manajerial

Kepala madrasah memiliki kompetensi manajerial yang baik. Kepala juga dituntut mampu mensinergikan seluruh komponen dan potensi sekolah dan lingkungan sekitar agar tercipta kerjasama untuk memajukan madrasah.

Oleh karena itu, kepala madrasah tahu semua sirkulasi keuangan di madrasah. Oleh karena itu, kepala harus punya pulpen dua. Ujarnya disambut tawa para kepala yang hadir.

Kompetensi manajerial kepala madrasah dapat dilihat dari kemampuanya dalam menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkat perencanaan, pengembangan organisasi madrasah sesuai dengan kebutuhan, kepemimpinan

Kewirausahaan

Kompetensi kewirausahaan menjadi sangat penting buat kepala madrasah karena kompetensi ini berkaitan dengan tantangan persaingan antar madrasah di masa mendatang.

Supervisi

Kepala madrasah sebagai penanggung jawab utama dalam semua kegiatan madrasah dituntut agar dapat menyelenggarakan pendidikan secara baik dan produktif.

kompetensi supervisi adalah pengetahuan dan kemampuan kepala madrasah dalam merencanakan, melaksanakan dan menindaklanjuti supervisi dalam upaya meningkatkan kualitas madrasah

Sosial Komunikasi

Kompetensi sosial kepala madrasah adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien, baik dengan peserta didik, guru ,orang tua/wali, dan masyarakat sekitar, sehingga seorang yang memiliki kompetensi sosial akan nampak menarik, empati, kolaboratif, suka menolong, menjadi panutan, komunikatif, dan kooperatif. Kompetensi sosial adalah kemampuan untuk berkomunikasi, membangun relasi, dan kerjasama, menerima perbedaan, memikul tanggung jawab, menghargai hak orang lain, serta kemampuan memberi manfaat bagi orang lain di sekelilingny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *