Ngaji Virtual Bersama Kepala Madrasah | 22 Ramadhan 1442 H

الخذلان كل الخذلان أن تتفرغ من الشواغل ثم لا تتوجه إليه وتقل عوائقك ثم لا ترحل إليه

“Sungguh teramat hina adalah ketika kau bebas dari macam-macam kesibukan, lalu kau tidak menghadap kepada-Nya dan ketika sedikit hambatanmu lalu kau tidak berjalan menuju-Nya.

Hanya saja jika memang ada kewajiban lain yang saling berbenturan maka tidak masalah menunda suatu kewajiban, mengatur waktu dan membuat urutan manakah yang prioritas untuk ia lakukan lebih dahulu. Yang menjadi masalah adalah ketika antar berbagai kewajiban tersebut sebenarnya bisa diatur agar tidak ada benturan, lalu lalai mengaturnya.

Lebih parah lagi jika masih ada waktu senggang untuk melakukan berbagai kewajiban dan kebaikan: masih sempat menghadiri halaqah, muthola’ah, dan lain-lain, lalu dia menunda-nundanya, dan malah membuat kesibukan yang tidak berguna baginya, sungguh ini adalah kerugian, bahkan bisa jadi pertanda bahwa Allah sedang berpaling dari kita. Imam Al Hasan al Bashri berkata:

مِنْ عَلَامَةِ إِعْرَاضِ اللَّهِ تَعَالَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَجْعَلَ شُغْلَهُ فِيمَا لَا يَعْنِيهِ“Diantara tanda ‘berpalingnya’ Allah Ta’ala dari seorang hamba adalah Dia menjadikan hamba tersebut sibuk dalam hal-hal yang tidak berguna baginya”.

Sungguh tiap detik yang dilalui seseorang, tiap detik itu pula dia menuju titik kematiannya, titi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *