MTs. Miftahul Ulum 2 Ikuti Webinar Peresmian Program Transformasi Digital Madrasah Menuju Madrasah Kelas Dunia

Selasa, 22 September 2020 kemarin MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Lumajang turut serta mengikuti webinar bertajuk Madrasah Hebat Bermartabat Bersama Google For Education yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI.

Para pembicara di antaranya: Prof. Dr. H. M. Ali Ramdhani (Direktur Jendral Pendidikan Islam); Dr. H. Ahmad Umar, MA (Direktur KSKK Madrasah); Arya Sanjaya (PT. Duta Digital Informatika); Donny Ardianto (Google Indonesia); Dr. Abdul Basit (MAN IC Kendari), para stakeholder ini mewakili lembaga-lembaga dalam Peresmian Program Transformasi Digital Madrasah Menuju Madrasah Kelas Dunia. Sinergi Kemenag dan Google ini dalam rangka  mendukung terwujudnya “Madrasah Hebat Bermartabat”.

Dirjen Pendis yang diwakili Prof. Dr. H. Ali Ramdhani mengungkapkan bahwa slogan tersebut sudah dicanangkan sejak lebih dua tahun lalu, tepatnya awal Februari 2018. Kerja sama ini juga untuk meningkatkan dan memeratakan kualitas pendidikan madrasah di Era Revolusi Industri 4.0, dan menyongsong fase bonus demografi Indonesia (2030-2045). Harapannya, pendidikan madrasah bisa lebih berkontribusi dalam mengantar bangsa ini mencapai peringkat ke-5 kekuatan ekonomi dunia menuju masyarakat sejahtera. Menggandeng Google selain karena memang raksasa dunia digital, juga mengharapkan adanya tranformasi ilmu di bidang teknologi untuk membangun pendidikan madrasah kelas dunia di mana cyber pedagogy diintegrasikan dengan cyber technology untuk mewujudkan cyber education atau Pendidikan 4.0 sebagai bentuk tuntutan jaman dan dipaksa oleh adanya pandemi covid-19. Teknis program ini dilakukan dengan menerapkan tiga model pembelajaran, yang pertama flipped classroom, untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, juga membuat kelas-kelas secara digital. Keduablended learning, untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi. Dan ketiga project based learning untuk membiasakan peserta didik berpikir dan bekerja kreatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan.

Google Indonesia yang diwakili oleh Donny Ardianto menyatakan bangga atas kerjasama ini, bermitra dengan Kementerian Agama RI dalam inisiatif penting ini merupakan salah satu implementasi G-Suite terbesar secara global. Guru-guru di madrasah termasuk pengguna G-Suite for Education yang paling kreatif dan antusias. Semangat para guru ini dalam proses transisi pembelajaran konvensional ke pembelajaran jarak jauh sangat penting bagi pendidikan jutaan siswa di seluruh Indonesia. Pihak Google Indonesia berharap kemitraan ini akan membantu sebanyak mungkin guru dan siswa Indonesia untuk terus dapat belajar-mengajar selama masa pandemi ini.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Dr. H. Ahmad Umar, MA mengutarakan, Google dalam kerjasama ini menyediakan platform teknologi dalam bentuk identitas digital dan aplikasi. Identitas digital berupa akun yang akan diberikan kepada setiap peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Tiap akun tersebut terdaftar dalam  domain@madrasah.kemenag.go.id.  Sampai hari ini sudah lebih 50% akun digital yang telah teraktivasi dan akan terus bertambah jumlahnya. Dengan aktifnya akun digital tersebut, maka aplikasi teknologi untuk pendidikan dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Madrasah. Aplikasi  tersebut antara lain: Kalender, Catatan Ringkasan, Penyimpanan Data, Web Personal, fitur produktifitas dan lainnya yang akan terus dikembangkan.

Dengan mengintegrasikan proses dan berbagi sumber daya serta pemanfaatan teknologi melalui strategi transformasi digital yang tepat, Kemenag yakin sinergi ini merupakan jalan cepat dalam membangun SDM dengan empat keunggulan keterampilan abad 21, yaitu kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreatifitas. Selain itu, dengan mengacu pada  standar kompetensi global, Kemenag RI menginginkan kesiapan generasi muda madrasah bangsa ini memasuki realitas kerja dunia global dan kehidupan abad 21.

MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul sangat bersyukur dapat mengikuti acara peresmian ini, walaupun hanya sebatas via daring setidaknya pemahaman tentang Pendidikan 4.0 dapat segera dielaborasi untuk kemaslahatan bersama.

Dirangkum oleh : Danang Satrio Priyono, S.Psi (Guru MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *