Metode Perubahan Diri – Prolog

Oleh: Danang Satrio Priyono, S.Psi *)

Sudah menjadi kewajaran bahwa eksistensi dunia adalah adanya sifat dinamis, namun cepat atau lambatnya sifat tersebut dipengaruhi banyak faktor. Oleh karenanya, manusia dengan kelengkapan kognitif, afektif, dan psikomotorik harus mampu bersinergi dengan tuntutan perubahan. Namun, yang harus dilakukan pertama kali yaitu perubahan diri dalam kebiasaan.

Beberapa tahun lalu saya pernah mengikuti sejumlah pelatihan dari beberapa perusahaan dengan tema Passion Dan Perubahan Diri. Tema ini dipilih karena menurut konsultan yang memperkerjakan saya untuk kegiatan ini, kemauan diri personal adalah jalan untuk menciptakan perubahan kebiasaan di organisasi, termasuk dalam kehidupan sehari-hari.

Pelatihan ini bisa dilakukan mandiri juga dapat dilakukan secara berkelompok, serta dapat diterapkan di lingkungan sekolah sampai jenjang perkuliahan. Dalam hal ini, saya berharap dewan guru dan tata usaha serta siswa-siswi MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang dapat mencoba metode ini untuk peningkatan proses belajar-mengajar agar lebih efektif di masa pandemi.

Pelatihan ini meliputi beberapa sesi, dan gagasan kerangka besarnya membagi kegiatan dengan durasi dalam enam minggu. Ikhtisarnya yang sudah saya rangkumkan sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan perubahan dengan rencana berbasis Skema GROW (Goals, Resources, Options, Way-forward) – durasi waktu satu minggu.
  2. Mengeksplorasi rencana perubahan dalam tindakan dengan Skema ACT (Anticipate, Commit, Track) – durasi waktu tiga minggu.
  3. Setelah melaksanakan rencana, berikutnya melakukan refleksi atau menemukan pembelajarannya dengan Skema SSS (Simak Sadari Seleksi) – durasi waktu satu minggu.
  4. Kemudian terakhir, mengupayakan hasil Skema SSS (poin ke-3) menjadi kebiasaan baru denganSkema Transfer of Learning.

Keempat ikhtisar langkah tersebut akan saya bagikan per tulisan di website ini, judul tulisan berikutnya: Metode Perubahan Diri – GROW, Merancang Perubahan Diri.

*) Guru Bimbingan dan Konseling MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *