Metode Perubahan Diri – ACT, Menjalani Tak Selalu Menyenangkan (Lanjutan)

Oleh: Danang Satrio Priyono, S.Psi *)

Let me be honest. Di dunia ini jarang ada perubahan yang mudah dan mulus, terlebih ketika itu menyangkut perubahan diri sendiri. Bagaimana pun, ada cara untuk menghadapinya. Tujuannya, agar perubahan tidak patah di tengah atau bahkan di awal jalan.

Langsung saja yang pertama, Anticipate. Bersiaplah untuk menghadapi atau menerima setiap hambatan yang mungkin anda temui. Tanamkan pada diri anda bahwa apapun yang mungkin salah, bisa terjadi kapan saja dan bahwa anda siap menghadapi atau menerimanya. Jangan tunggu sudah terjadi barulah mengkondisikan mental anda. Siapkan dari sebelum terjadi.

Kedua, Commit. Anda perlu lebih dari sekedar niat dan tekad dalam bertindak. Anda butuh perasaan “terikat dan ter-akad” dengan tujuan dan rencana anda. Sehingga, apapun yang menghambat, anda punya komitmen untuk tetap berproses sampai tujuan berhasil.

Ketiga, Tract. Selalu pantau dan dokumentasikan proses Anda. Lihatlah risiko dan konsekuensi apa saja yang Anda alami dalam perjalanan. Contoh: “saat ajak atasan diskusi pd jam makan siang, nampaknya jadi terburu-buru. Harus cari strategi lain.”

Lakukan ACT (Anticipate, Commit, Tract) ini saat anda mulai menjalani perubahan. Artikel berikutnya, berjudul Metode Perubahan Diri – Perubahan, Tidak Harus Memaksakan Diri.

*) Guru BK MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *