Lagi, Guru MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid Ikuti Webinar Guru Menulis 2020 ABKIN dan Tribun Network

Senin (28/09/20) menjelang sore pukul 14.00 WIB, tampak dewan guru dan staf tata usaha MTs. Miftahul Ulum 2 menggelar acara internal nonton bareng Webinar Guru Menulis 2020 di ruang kantor. Nonton bareng via youtube sengaja diadakan civitas akademika ini untuk menambah kompetensi dalam hal karya tulis. Bak gayung bersambut, madrasah tsanawiyah ini memang sedang dalam misi menggerakkan budaya literasi guna merealisasikan pendidikan 4.0 walaupun belum genap berumur dua tahun namun komitmen akan sebuah gagasan patut diperjuangkan.

Webinar Guru Menulis 2020 yang diinisiasi Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia (ABKIN) bekerja sama dengan Harian Surya (Tribun Network) dijadwalkan berlangsung selama empat hari ke depan (28 September sampai 1 Oktober). Untuk sesi pertama (Day 1), diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, selanjutnya sambutan oleh wakil pimpinan redaksi Harian Surya dan Tribun Jatim, Tri Mulyono. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan harapan kepada para guru agar setiap guru mampu untuk menulis di era-digital ini, sehingga dapat menjadi contoh teladan kepada guru di masa mendatang dan juga kepada siswa terutama dalam kaitannya bidang menulis.

Beliau juga menambahkan agar setiap guru dapat produktif dalam karya tulis, namun tidak hanya sekedar menulis tetapi dapat menciptakan karya orisinil dan dapat dipertanggungjawabkan. Menulis bukan pekerjaan sekali jadi, maka janganlah ragu untuk menuangkan ide atau gagasan di sebuah tulisan, dan kesampingkan ketakutan salah penulisan maupun kritik yang akan timbul, pesan beliau diakhir sambutannya.

Secara bergiliran, Dr. Didiek Budihardjo, M.M, M.Pd selaku Ketua Asosiasi Bimbingan Dan Konseling, Kota Surabaya, membuka sambutan dengan melihat jumlah peserta yang mendaftar secara online berjumlah 1066 peserta. Baginya, jumlah tersebut memperlihatkan betapa para guru ini sangat antusias menginginkan ilmu terapan menulis, selain untuk dirinya sendiri tentunya untuk dibagikan kepada peserta didiknya. Beliau menjelaskan walaupun Asosiasi Bimbingan Dan Konseling (ABKIN) ini adalah wadah bagi semua guru BK, beliau menginginkan semua guru mata pelajaran bahkan staf tata usaha juga para dosen ikut berpartisipasi di kegiatan ini. Tujuannya agar kegiatan penulisan yang dibudayakan mampu membentuk pendidikan karakter bagi semuanya (civitas akademika) sesuai kaidah yang dicanangkan. Harapan beliau, dengan semakin banyak membaca dan menulis maka semakin banyak pula wawasan juga tentu akan semakin produktif serta profesional sebagai guru maupun sebagai pegawai kependidikan di era serba internet saat ini.

Setelah acara dibuka oleh Ketua ABKIN, materi pengantar untuk sesi di hari berikutnya dipaparkan oleh Adrianus Adhi Nugroho, selaku Manager Digital Surya. Beliau menyajikan penjelasan secara statistik tentang tren pengguna internet di dunia, di dapatkan kesimpulan sederhana bahwa masyarakat cenderung menyelesaikan segala permasalahannya melalui internet. Artinya mencari, mengolah, memilah data dan informasi berawal dari internet sebelum akhirnya action dalam penyelesaian suatu masalah.

Dengan tren perilaku pengguna internet seperti yang dijelaskan diatas, maka ada beberapa keunggulan jurnalisme online dibandingkan secara konvensional (online journalism handbook, skill to survive and thrive in the digital age, Paul Bradshaw, 2013), antara lain:

  • Brevety: Tulisan harus dibuat seringkas mungkin, tidak panjang dan bertele-tele. Keep it short and simple, ringkas  dan mudah dipahami, serta lengkap dalam penyajian.
  • Adaptif: Mampu menyajikan keragaman cara penyajian yang lain, berupa gampar atau video.
  • Scannability: Pembaca mencari informasi utama, thumbnail, link, dll untuk membantu menavigasi teks. Oleh sebab itu penentuan judul berita sangat penting.
  • Interactivity: Keleluasaan pada pembaca untuk memberikan tanggapan atau komunikasi lainnya.
  • Community and Conversation: Percakapan dalam kolom komentar haruslah komunikatif.

Demikian uraian materi Webinar Guru Menulis 2020 yang tidak mungkin dapat disajikan semuanya dalam tulisan ini. Kami civitas akademika MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid Lumajang besok sampai di hari akhir acara akan tetap mengikuti dan semoga banyak manfaat yang kami dapatkan semata-mata demi pendidikan Indonesia. (DSP)

Dirangkum oleh : Danang Satrio Priyono, S.Psi (Guru MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *