Kembangkan Budaya Literasi Siswa, MTs. Miftahul Ulum 2 Launching Program 1MB (1 Minggu 1 Buku)

Membaca adalah bagian yang penting dalam kehidupan manusia, karena dengan membaca manusia akan mendapatkan pengetahuan sebagai bekal dalam menjalani kehidupan. Dengan membaca manusia akan mengumpulkan berbagai informasi dalam otaknya yang kemudian informasi tersebut akan digunakan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang mereka temukan dalam kehidupannya. Madrasah merupakan salah satu sarana bagi manusia dalam mengumpulkan berbagai macam ilmu pengetahuan, karena di madrasah manusia secara terstruktur dan teratur akan diberikan berbagai macam ilmu pengetahuan yang merupakan dasar manusia dalam mempersiapkan dirinya untuk menjalani aktifitas sepanjang hidupnya. Salah satu sumber belajar yang digunakan adalah buku. Peran buku dalam sistem pembelajaran penting, karena dengan membaca buku para peserta didik akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang mungkin belum pernah mereka dapatkan dari siapapun.

Dalam proses membaca buku, peserta didik tidak hanya cukup dengan melakukan kegiatan membaca saja, namun mereka juga harus bisa memahami dan mengambil inti sari pengetahuan dari buku yang mereka baca, sehingga para peserta didik harus mempunyai keterampilan membaca buku yang efektif.

MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, memiliki program khusus dalam pengembangan literasi di madrasah. Gerakan ini peserta didik bukan hanya dibudayakan untuk menulis, namun juga diajari bagaimana menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk karya tulis, baik karya tulis fiksi maupun nonfiksi. Program tersebut ditandai dengan program 1MB (1 Minggu 1 Buku) untuk dibaca. Pembiasaan kegiatan literasi yang diterapkan di madrasah diharapkan bisa diterapkan di luar madrasah, baik di keluarga ataupun di masyarakat.

Akhirmya kita semua setuju bahwa membaca adalah salah satu upaya cerdas dalam upaya mengakses dan memahami suatu ilmu pengetahuan yang merupakan salah satu bagian dari kegiatan literasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *