Kaleidoskop 2020 MTs. Miftahul Ulum 2

Banyak hal yang dilakukan oleh MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid sepanjang 2020 tak lepas dari peran semua elemen civitas di lingkungan ini. Mengusung tagline “AYO BER-AKHLAK: BERPRESTASI, AMANAH, KOMPETEN, HARMONIS, LOYAL, ADAPTIF DAN KOLABORATIF” madrasah ini mengkolaborasikan segala potensi dari dewan guru dan tata usaha untuk dapat beradaptasi di era digital sekaligus mencari inovasi pembelajaran yang berkesinambungan di masa Pandemi Covid-19, semata-mata demi meraih prestasi yang dapat diamalkan kepada masyarakat.

Kepala madrasah Sahroni, S.Pd.I., M.Pd tak segan turun tangan dalam setiap kegiatan baik itu bentuknya kerjasama dengan pihak eksternal maupun bersama dengan pihak internal lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Beliau juga mengakomodir forum-forum diskusi baik via media sosial maupun rapat langsung bahkan cangkrukan semi-formal guna menampung gagasan-gagasan demi kebaikan madrasah ini.

Berikut akan kami sajikan perjalanan MTs. Miftahul Ulum 2 sepanjang 2020, diantaranya:

~ Januari:
  1. Monitoring dan evalusasi proses pembelajaran IT oleh Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang Drs. Ahmad Junaedi, M.M., beliau mendorong kepada pihak madrasah untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan prestasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan bargaining madrasah di era revolusi 4.0.
  2. Rapat perdana persiapan Akreditasi Madrasah Tahun 2020, madrasah yang belum genap dua tahun ini langsung tancap gas mempersiapkan segala sesuatunya demi mendapatkan status akreditasi.
~ Februari:
  1. Membangun perpustakaan digital hasil kerjasama dengan PT. Enam Kubuku Indonesia yang berasal dari Yogyakarta, ruang lingkup kerjasama: Penyediaan aplikasi di komputer PC beserta dengan fitur-fiturnya; Penyediaan aplikasi di Android beserta dengan fitur-fiturnya; Penyediaan infrastruktur aplikasi perpustakaan digital; Penyediaan koleksi buku, prosiding, jurnal dan majalah elektronik atau jenis lainnya, berbayar maupun gratis; Pemberian juknis penggunaan aplikasi perpustakaan digital yang menggunakan platform; Pengelolaan, pengembangan, dan pemeliharaan aplikasi perpustakaan digital.
  2. MoU dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, maksud dan tujuan dari perjanjian ini adalah untuk mewujudkan partisipasi dari kedua pihak dalam pengabdian bersama mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mengembangkan pembinaan pustakawan dan pengembangan koleksi perpustakaan sekaligus mewujudkan visi dan misi perpustakaan dari kedua pihak.
  3. Workshop penulisan karya tulis dan artikel ilmiah menghadirkan 2 narasumber: Dr. Ahmad Zarkasyi, M.Pd.I (Dosen Peneliti dan Pengelola Jurnal Qolamuna STISMU Lumajang) & Farhanudin Sholeh, M.Pd.I (Ketua P2MI STISMU Lumajang dan Mantan Sekretaris LTN NU Jember), tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam literasi dan menulis khususnya karya tulis dan artikel ilmiah.
~ Maret:
  1. Pelatihan pengembangan E-Learning dan Hypnoteaching dalam pembelajaran kerjasama antara MTs. Miftahul Ulum dan MA Miftahul Ulum dengan dengan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) FTIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, tujuan kegiatan ini agar mampu membangun hubungan yang efektif dengan siswa dan komunitas sekolah/madrasah, dengan menggunakan dan memanfaatkan perangkat teknologi untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran.
~ April:
  1. Follow Up dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Yogyakarta dan Diva Press Yogyakarta, MTs. Miftahul Ulum 2 mendapat bantuan ratusan eksemplar buku bacaan.
  2. Ngaji Online bersama kepala madrasah selama Bulan Ramadhan.
~ Mei:
  1. PPDB MTs. Miftahul Ulum 2 Tahun 2020/2021, pendaftaran peserta didik baru dilakukan secara daring sebagai pencegahan penularan covid-19.
  2. Ngaji Online bersama kepala madrasah selama Bulan Ramadhan.
~ Juni:
  1. Penilaian Akhir Tahun (PAT) Angkatan Perdana Tahun Pelajaran 2019/2020, dilaksanakan secara daring sesuai peraturan pemerintah.
  2. Menghadiri Sosialisasi KMA 183 Tahun 2019 dengan narasumber Kasie. Pendma Kementerian Agama Kabupaten Lumajang Dr. H. Musta’in Billah, M.Ag dan Drs. Ahmad Junaedi, MM., bahwa madrasah harus menerapkan pembelajaran berbasis digital. Model pembelajaran konvensional harus mulai dikurangi di era new-normal.
  3. Menggelar Workshop Penyusunan Evaluasi Diri Madrasah (EDM), Rencana Kerja Madrasah (RKM) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Ajaran Baru Tahun Pelajaran 2020/2021, narasumber Komite Madrasah H. Sholeh Ardiansyah; Direktur DIKDASMEN Yayasan Miftahul Ulum Drs. Mochammad Nasir, MP.Fis; Pengawas PPAI Kemenag Lumajang Drs. Ahmad Junaedi, M.M.
~ Juli:
  1. Menghadiri sosialisasi E-LEARNING yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Lumajang
  2. Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2020/2021, dilakukan secara daring sebagai pencegahan penularan covid-19.
  3. Mengikuti Webinar Internasional diselenggarakan oleh Pascasarjana STAIMA Al-Hikam Malang bekerjasama dengan STKQ Al-Hikam Depok, tema Increasing Human Resources im New Normal (Peningkatan Sumber Daya Manusia di Era New Normal).
  4. Menghadiri pembinaan dan sosialisasi E-Learning Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Wilayah Timur Lumajang di MTs. Nurul Islam Sawaran Lor Klakah Lumajang.
  5. Mengirimkan dua guru BK sebagai delegasi dalam uji kompetensi online, diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Madrasah Tsanawiyah Jawa Timur.
  6. Menggelar pelatihan e-learning untuk dewan guru dan staf tata usaha, dihadiri Pengawas PPAI Kementerian Agama Kabupaten Lumajang Drs. Achmad Junaedi, M.M; narasumber Zainuddin, M.Pd yang merupakan tim inti pendampingn Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Lumajang.
~ Agustus:
  1. Hadiri rapat koordinasi pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Tahun 2020 di Aula MTs. Negeri Lumajang.
  2. Menerima kunjungan MTs. Al-Miftah Kaliglagah Sumberbaru Jember, saling bertukar pikiran dan pengalaman dalam pengelolaan madrasah.
  3. Penyerahan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Tahap II Tahun 2020 kepada para santri.
  4. Menghadiri pertemuan rutin Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Wilayah Timur Lumajang, bertempat di MTs Barokatul Qodiri Tunjung Randuagung dan dihadiri Hj. Ayatun Nufus Staf Pendma Bagian Kesiswaan Kementerian Agama Lumajang.
  5. Mengadakan Ngopi edisi 1 sebagai media diskusi internal, dihadiri semua dewan guru & staf tata usaha.
  6. Memberikan donasi uang tunai hasil sumbangan dari siswa-siswi dan dewan guru selama setahun kepada LKSA Miftahul Ulum sebagai pemangku santri yatim-piatu di lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Ulum.
  7. Menghadiri pertemuan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs. Se-Kabupaten Lumajang di MTs. Nurul Islam Jatirejo Kunir, dihadiri Kasie. Pendma; Pokjawas Kementerian Agama Kabupaten Lumajang; Pengurus KKM MTs Kabupaten; KKM wilayah dan seluruh kepala MTs. Se Kabupaten Lumajang baik negeri maupun swasta.
  8. Menerima kunjungan Kepala MTs. Miftahul Ulum Al-Azizah Sumberbaru Jember Musleh, S.Pd.I., M.Pd, agenda pertemuan ini adalah menjalin silaturahmi dan sharing kelembagaan.
  9. Mendelegasikan siswa dalam Lomba Tartil Al-Qur’an secara daring, diselenggarakan oleh Pengurus Partai Golkar Jawa Timur menyambut Muharram.
  10. Mendelegasikan staf tata usaha sebagai narasumber kegiatan Ngaji Online yang diadakan oleh kelompok Mahasiswa IAIN Jember.
  11. Melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), dihadiri Ketua Tim Penilai PKKM Madrasah Jenjang Tsanawiyah Kabupaten Lumajang Tahun 2020 Drs. Achmad Junaedi, M.M., Tim Penilai PKKM kedua Drs. Djatto, M.M.
~ September:
  1. Mendelegasikan kepala madrasah sebagai pembina cabang Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) di Surabaya, menyambut Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-28 di Provinsi Sumatra Barat.
  2. Mendistribusikan 2 stel seragam kepada 350 santri baru, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lumajang.
  3. Berpartisipasi dalam Semeru Police Movie Competition diadakan oleh Polda Jawa Timur, dalam rangka memperingati Hari Jadi Lalu Lintas Indonesia.
  4. Mendelegasikan dua orang guru menghadiri Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MTs. Se Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021 di Aula MTs. Negeri Lumajang, diselenggarakan oleh KKM MTs Kabupaten Lumajang dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang Drs. H. Mochammad Fachrurrozi, M.H.I.; Ketua KKM MTs Kabupaten Lumajang, H. Jaelani, S.Ag. MA.; dan pengurus MGMP MTs Lumajang serta beberapa Pengawas Madrasah
  5. Menerima kunjungan Pengurus Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Wilayah Timur Kabupaten Lumajang, salah satu program kerja sebagai bagian upaya untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi, membangun kekompakan serta memenyatukan visi misi KKM ke depan.
  6. MoU Satuan Lalu Lintas (SATLANTAS) Polres Lumajang, tentang sekolah pelopor keselamatan berlalu lintas.
  7. Menghadiri rapat koordinasi Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Wilayah Timur di MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung.
  8. MoU Sat Binmas Polres Lumajang, bekerjasama dalam hal memberikan pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas, KANTIBNAS, penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja, dan yang berkaitan HARKANTIBMAS khususnya di wilayah Polres Kabupaten Lumajang.
  9. Workshop Sosialisaasi Undang-Undang nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan oleh Satlantas Polres Lumajang.
  10. Mendelegasikan staf tata usaha dalam acara pemberian bantuan kartu paket data Perdana XL untuk Siswa dan Guru KKM Wilayah Timur Lumajang.
  11. Mengikuti webinar “Madrasah Hebat Bermartabat Bersama Google For Education”, diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI.
  12. Mengikuti webinar “Guru Menulis 2020” diselenggarakan oleh ABKIN dan Tribun Network
  13. Pengukuhan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) oleh kepala madrasah.
  14. Mendelegasikan staf tata usaha dalam workshop “Manajemen Pengelolaan Website” yang diselenggarakan oleh Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, narasumber Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang.
~ Oktober:
  1. Kepala madrasah menghadiri Rapat Pembentukan Keanggotaan Dewan Hakim MTQ Kabupaten Lumajang Tahun 2020, undangan dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lumajang.
  2. Menyelenggarakan workshop “Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan”, narasumber Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang.
  3. Kepala madrasah menghadiri Bimtek Supervisi Pembelajaran berdasarkan Kurikulum (KMA 183 dan 184) dan Implementasi E-Learning di Madrasah, diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) Kemenag RI.
  4. Mengadakan lomba menulis menyambut Hari Santri Nasional tahun 2020 M dan Maulid Nabi Muhammad saw 1441 H untuk siswa-siswi.
  5. Membagikan 705 Kartu Perdana XL kepada seluruh siswa-siswi.
  6. Mendelegasikan guru mengikuti Bimtek Guru Akidah Akhlak Implementasi Pembelajaran berdasarkan Kurikulum (KMA 183 dan 184) dan Implementasi E-Learning jenjang MTs (Pembelajaran Akidah Akhlak MTs Zona Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI. Yogyakarta, Banten dan Bali).
  7. Kepala madrasah dan staf tata usaha menghadiri kegiatan rutin Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Wilayah Timur Kabupaten Lumajang.
  8. Menggelar istighatsah dan tahlil bersama diikuti oleh seluruh guru, staf tata usaha dan peserta didik sebagai peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
  9. Mendelegasikan guru mengikuti Bimtek Implementasi Pembelajaran berdasarkan Kurikulum (KMA 183 DAN 184) dan Implementasi E-Learning jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk pengampu mata pelajaran Fikih, di MTs. Nurul Amin Rojopolo Jatiroto.
  10. Mendelegasikan 7 siswa mengikuti simulasi Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tingkat Jawa Timur, di MTs. Negeri 1 Lumajang.
  11. Kepala madrasah mengikuti kegiatan Sosialisasi Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 4446 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah. Diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Kabupaten Lumajang, bertempat di MTs. Nurul Ittihad Tukum.
  12. Mendelegasikan 7 siswa mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) di MTs. Negeri 1 Lumajang.
  13. Kepala madrasah mewakili civitas Mts. Miftahul Ulum 2 menerima bantuan ratusan buku bacaan hasil donasi dari buku koleksi pribadi dari pejabat dan staf Disarpus, diserahkan oleh Kabid.Perpustakaan Siti Suhartini.
~ November:
  1. Kepala madrasah mengikuti pembinaan dewan hakim MTQ Kabupaten Lumajang tahun 2020, diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Lumajang.
  2. Mendelegasikan 3 siswa mengikuti simulasi Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tingkat nasional.
  3. Mendelegasikan guru mengikuti Bimtek Implementasi Pembelajaran berdasarkan Kurikulum (KMA 183 DAN 184) dan Implementasi E-Learning jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) Zona Tengah dan Timur untuk pengampu mata pelajaran SKI.
  4. Launching Program 1MB (1 Minggu 1 Buku), sebagai bagian dari gerakan literasi madrasah.
  5. Mendelegasikan guru mengikuti Bimtek Implementasi Pembelajaran berdasarkan Kurikulum (KMA 183 DAN 184) dan Implementasi E-Learning jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk pengampu mata pelajaran Bahasa Arab.
  6. Mendelegasikan 3 siswa mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tingkat nasional.
  7. Menghadiri Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Wilayah Timur Lumajang di MTs. Miftahul Ulum Buwek Randuagung, agenda sosialisasi Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5852 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) dan Implementasi AD/ART KKM terbaru.
  8. Mendelegasikan kepala tata usaha menghadiri sosialisasi penerapan Elektronik Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (eRKAM) untuk akuntabilitas dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Aula MTs.N 1 Lumajang, diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Lumajang melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Sie. Pendma) dan Tim Inti Kabupaten (TIK) Pendamping Penerapan E-RKAM.
  9. Menghadiri Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs. Kabupaten Lumajang di MTs. Darussalam Randuagung, dipimpin langsung oleh Kasie. Pendma H. Hasanuddin, M.Pd.I.
  10. Mengikuti dan mendelegasikan tiga guru dalam asesmen kompetensi bagi guru, kepala, dan pengawas madrasah (AKG, AKK, dan AKP), diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Pendidikan Islam.
~ Desember:
  1. Menggelar Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021, dilakukan secara daring.
  2. Mengadakan dan menyalurkan donasi bagi masyarakat yang terdampak erupsi gunung Semeru, melalui BAKID Peduli Erupsi gunung Semeru.
  3. Serah terima Sertifikat Bimtek Perpustakaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang.
  4. Kepala madrasah menghadiri pelantikan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs. Kabupaten Lumajang masa bakti 2020-2023 di MTs.N 1 Lumajang.
  5. Membagikan multivitamin kepada siswa-siswi hasil kerjasama internal dengan Poskestren Miftahul Ulum Bakid.
  6. Mengadakan Ngopi (Ngobrol Pintar Edukasi) edisi 2 sebagai media diskusi internal dan salah satu bagian dari program Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan (PKB), mengangkat tema “Ngaji Literasi – Menuju Literasi Madrasah Berbasis Digital”, dihadiri semua dewan guru & staf tata usaha.
  7. Remedial Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.
  8. Mengikuti webinar pemecahan rekor MURI literasi dengan tema “Membangun Ekosistem Sekolah dan Madrasah Berbudaya Baca Tulis Dengan Kreatif dan Tangguh Di Masa Pandemi Covid-19”, diselenggarakan oleh Komisi Nasional Pendidikan Jawa Timur.
  9. Mengadakan Class Meeting semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021.
  10. Rapat internal evaluasi kinerja sepanjang tahun 2020.

Rangkuman singkat kegiatan yang dilakukan MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid di atas semoga mampu memberikan dampak positif bagi civitas akademika ini pada umumnya dan bagi masyarakat pada khususnya. Doa dan harapan terbaik senantiasa kami harapkan agar 2021 Pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga proses belajar-mengajar dapat dimaksimalkan.

Di penghujung tahun ini pula kami haturkan banyak terimakasih kepada semua pihak – baik langsung maupun tidak secara langsung – yang telah mendukung tiap langkah demi kemajuan madrasah ini.

Para pembaca dapat memberikan saran dan kritik melalui email maupun narahubung kami lainnya, hal ini sangat kami butuhkan demi perbaikan dan pengembangan madrasah agar lebih berdaya guna untuk kemaslahatan umat. Sekali lagi, kami ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di tahun 2021.

Selamat Tahun Baru 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *