Jelang MYRES 2021, Reza dan Ikromi Lakukan Simulasi Presentasi Proposal

Reza Pahlevi dan Moh. Khoirul Ikromi siswa kelas IX MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid berkesempatan mewakili Kab. Lumajang di ajang Madrasah Young Research Super Camp (MYRES) Tahun 2021 jenjang Madrasah Tsanawiyah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI melalui Direktur KSKK Madrasah. Ajang ini disebut bergengsi selain karena levelnya nasional, juga dengan kompetisi penelitian semacam ini mampu mencetak peneliti-peneliti muda Indonesia dan menciptakan iklim penelitian di madrasah.

Reza Pahlevi dan M. Khoirul Ikromi

Baca juga :

MYRES 2021, PROPOSAL SISWA MTS. MIFTAHUL ULUM 2 LOLOS KE TAHAP PRESENTASI

Setelah lolos seleksi dari sekitar 7.700 proposal, Smart Plant judul penelitian mereka ini perlu dipresentasikan kepada dewan juri MYRES yang sedianya berlangsung tanggal 27 Agustus 2021. Banyak persiapan yang sudah dilakukan oleh guru pembimbing dan kedua siswa tersebut, mulai dari membuat slide presentasi, persiapan teknis, sampai ke simulasi presentasi. Dengan tenggang waktu yang semakin dekat, kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd terus memantau dan memotivasi kepada kedua siswa dan pembimbing agar terus berlatih dan melakukan persiapan-persiapan. Pihaknya berharap calon peneliti muda ini dapat melakukan gladi bersih agar presentasi di hadapan dewan juri dapat maksimal.

“Hari ini hari terakhir kita mempersiapkan keperluan teknis dan latihan presentasi, maksimalkan waktu yang ada. Jika ada hal yang dirasa kurang, segera selesaikan hari ini. Pesan saya, Reza dan Ikrom ini jangan sampai merasa terbebani, karena madrasah kita hanyalah partisipan, namun jika proposal mereka ini masuk 15 besar bahkan menjadi salah-satu yang terbaik syukur Alhamdulillah” tutur Sahroni yang sangat mengapresiasi apa yang dilakukan anak-anak didiknya ini.

“Apapun hasilnya kami sudah sangat bangga atas capaian ini. Karena dari 7.700 sekian proposal yang masuk, madrasah yang dipimpinnya bisa masuk 50 besar dalam Bidang Sains Matematika dan Pengembangan Teknologi.” ujarnya

Simulasi presentasi ini tampak spesial karena juga dihadiri oleh ayahanda Moh. Khoirul Ikromi yang merupakan kawan sekolah kepala madrasah ketika menempuh pendidikan di jenjang magister, Nur Khoiri, M.Pd. Pria kelahiran Jember ini mengungkapkan kebahagiaan dan rasa bangganya atas capaian prestasi puteranya tersebut. Pihaknya berharap semoga prestasi ini terus berlanjut hingga babak final.

“Kami bangga atas keberhasilan MTs. Miful 02 dalam membimbing anak kami semoga terus berprestasi dan sukses ! Amin.”
ungkap Nur Khoiri yang pernah menjadi kepala pengurus PP. Miftahul Ulum.

“Kami hanya nyambung do’a dari rumah ! Ikhtiar sepenuhnya saya pasrah pada lembaga MTs. MU 2. Khususnya pembimbing dan Kamad” Imbuh mantan Kepala MTs. Al-Marhamah Jember ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.