Inilah Pesan dan Kesan Kegiatan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Selama dua hari Selasa dan Rabu tanggal 6-7 Oktober 2020, 12 pengelola Perpustakaan Terpadu Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan yang dinarasumberi oleh para Pustakawan Profesional Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang.

Selama kurang lebih 4-5 jam para peserta yang masih millennial ini berjibaku dengan materi yang disampaikan oleh para sumber yang sudah berpengalaman di bidangnya. Namun materi yang seabrek yang harus dituntaskan menjadi terasa ringan dan dapat terserap dengan baik dan efektif. Hal tersebut dikarenakan para narasumber sudah berpengalaman dalam bidangnya. Apalagi dalam penyampaiannya, para pemateri tidak monoton dan penuh dengan keakraban. Bahkan tidak jarang diselingi dengan joke-joke segar dan menghibur.

Dua hari berlangsung, banyak kesan dan pesan yang disampaikan oleh nara sumber dan peserta Bimtek. Berikut ini adalah beberapa kesan dan pesan narasumber dan peserta Bimtek

Ibu Sumiyati, S.Pd.(Kasie. Pengelolaan Bahan Pustaka)

“Saya senang ustadz bisa silaturahim ke Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bakid ini. Tadi saya melihat para santri turun dari madrasah tertib, anteng dan semuanya pakai masker dan mematuhi protokol kesehatan. Adem melihatnya.”

Yanur Wildan Hanif, S.E (Staf Pembinaan, Pengembangan Sistem Otomasi Perpustakaan)

“Bayangan saya sebelum ke Pondok ini, Perpustakaannya masih asal-asalan, tidak ada bukunya dan masih manual. Tapi ketika saya masuk ke Perpustakaannya, ternyata sudah tertata rapi dan bersih. Dan yang lebih keren lagi, sistem layanan perpustakaannya sudah memakai aplikasi sistem otomasi. Keren pokoknya dah. Dan saya lihat attitude santri di sini dapet nich.”

Chindy Vionariska, A.Md (Pustakawan Disarpus Lumajang)

“Pengelola perpustakaan di sini masih muda-muda. Punya semangat tinggi untuk mengembangkan perpustakaan. Apalagi mereka generasi millenial yang tidak asing dengan dunia digital dan media sosial. Sehingga sangat tepat untuk mempromosikan perpustakaan dan pondok pesantren.”

Ibu Siti Suhartini, S.Pd (Kabid. Perpustakaan Disarpus Lumajang)

“Penataan perpustakaan Miftahul Ulum sudah Bagus. Kegiatan literasi digital sudah jalan. Saya sering dapat kiriman tulisan dan artikel guru-guru di sini dari Ustadz Sahroni. Tinggal upaya penambahan koleksi. insya Allah kami siap membantu memberikan rekomendasi untuk diajukan ke Perpustakaan Nasional RI.”

Malikha, Ama Pd (Pustakawan Bagian Pengembangan Bagian Koleksi)

“Enggeh ta ustadz iuran di Pesantren ini hanya segitu setiap bulan?.” agak keheranan mendengar biaya syahriyah (SPP) yang begitu terjangkau. Apalagi pendidikan di sekolah formal mulai MI hingga MA free.

Ibu Tutik, S.Pd (Pustakawan)

“Pesantren ini keren. Media informasi onlinenya selalu update. Setiap kegiatan tidak sampai satu hari langsung on di website. Bahkan tidak dalam hitungan jam hingga 2 jam langsung ada postingan.”

Isbir (Ketua Perpustakaan Miftahul Ulum)

“Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan dari Bimtek ini. Narasumber semuanya profesional, penuh dengan keakraban dan tidak monoton.”

Abdul Mujib (Pustakawan)
“Alhamdulillah dengan adanya Bimtek ini, kami semakin bersemangat untuk mengembangkan perpustakaan dan menjadikan perpustakaan sebagai sarana informasi dan rekreasi bagi para santri dan warga pesantren.”

Muhammad Hakiki (Pustakawan)
“Point penting dari bimtek ini adalah bahwa Pustakawan bukan hanya melayani pembaca tetapi juga harus aktif membaca. Buku apapun dan terbitan kapan pun masih update bagi yang belum pernah membacanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *