Hari Kedua Desiminasi dan Analisa Materi Soal ANBK (Literasi dan Numerasi)

Dalam rangka menghadapi Assessmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Lumajang menghimbau kepada seluruh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri/Swasta Se-Kabupaten untuk menunjuk salah-satu guru untuk mengikuti Desiminasi dan Analisa Materi Soal ANBK (literasi dan numerasi) yang diselenggarakan di MTs. Negeri 1 Lumajang (Kamis, 23/09/21).

Hari kedua Desiminasi dan Analisa Materi/Soal ANBK untuk sesi kedua dimulai pukul 09.30 WIB. Dibuka dengan narasumber pertama Vivin Novaliana, M.Pd PKM Kurikulum sekaligus guru IPA MTs.Negeri 1 Lumajang.

Baca Juga

HARI PERTAMA, DESIMINASI DAN ANALISA MATERI SOAL ANBK (LITERASI DAN NUMERASI)

ANBK salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui kekurangan dan kelemahan dari satuan pendidikan serta mengetahui kesenjangan-kesenjangan yang ada baik itu antar siswa maupun antar madrasah dalam satu wilayah. “Latar belakang diadakannya Diseminasi dan Analisa Materi/Soal ANBK (Literasi dan Numerasi) karena banyaknya guru di madrasah yang kebingungan apakah terdapat kisi-kisi Materi/Soal ANBK atau tidak ada” tutur Vivin.

ANBK merupakan program pemerintah untuk menggantikan UNBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah, dan program pada tingkat dasar dan menengah. ANBK bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik sebuah sekolah dan madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa. Mulai dari pengajaran yang baik sampai program dan kebijakan madrasah yang membentuk iklim akademik, sosial, dan keamanan yang kondusif. “Asesmen Nasional ini salah satu tolak penilaiannya ada pada hasil belajar siswa yang mendasar yaitu Literasi, Numerasi, Survei Karakter, dan Lingkungan belajar” tutur Ustadzah Vivin.

Narasumber kedua yakni Ustadz Supriyanto, M.Pd guru bina olimpiade Matematika di MTs Negeri 1 Lumajang fokus membahas prediksi materi/soal berbasis numerasi yang di uji cobakan kepada anak didiknya dan berbagi pengalamannya kepada dewan guru yang menghadiri desiminasi. Menurutnya, prediksi materi/soal numerasi terdapat empat domain yaitu, materi bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar dan pola bilangan, menganalisis data dan materi peluang.

Kemudian setelah memaparkan materi numerasi, beliau mengajak semua dewan guru untuk menganalisa beberapa contoh soal yang akan diujikan, mulai dari soal numerasi bentuk narasi pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan jawaban, jawaban singkat, dan uraian. Dari pengalaman mengujicobakan soal tersebut kepada anak didiknya, beliau memberikan tips dan trik dalam mengerjakan soal numerasi agar peserta didik dapat menyelesaikan soal dengan waktu yang terbatas, yaitu peserta didik diharapkan untuk membaca soal terlebih dahulu (ketimbang membaca narasi yang diberikan dalam soal) agar peserta didik mengetahui apa yang dimaksud/ditanyakan dalam tersebut, kemudian langkah selanjutnya mencari apa yang dimaksud/ditanyakan soal tersebut pada narasi yang diberikan.

Muhammad Ismail, S.Pd selaku guru mata pelajaran Matematika yang mewakili MTs Miftahul ulum 2 mengaku mendapatan manfaat yang banyak dengan adanya Desiminasi dan Analisa Materi/Soal ANBK sebagai persiapan dilaksanakannya ANBK bulan Oktober 2021. “Pengenalan materi/soal ANBK kepada peserta didik sangat penting untuk diterapkan akan tetapi segenap dewan guru juga harus menguasai materi yang diujikan, karena dalam pembuatan soal ANBK tidak hanya dikerjakan oleh satu-dua guru mata pelajaran tertentu tetapi semua guru antar mata pelajaran juga harus saling bekerjasama. Dengan penguasaan kompetensi para guru MTs Miftahul ulum 2 berharap pelaksanaan ANBK pertama ini berjalan dengan lancar dan sukses” pungkasnya.

Kegiatan yang telah dilaksanakan dalam dua hari ini, resmi diakhiri dengan bacaan do’a dan mengharapkan kebaikan saat pelaksanaan ANBK di bulan Oktober mendatang.

2 Replies to “Hari Kedua Desiminasi dan Analisa Materi Soal ANBK (Literasi dan Numerasi)”

Leave a Reply

Your email address will not be published.