Guru BK MTs. Miftahul Ulum 2 Ikuti AKGTK Kemenag Tahun 2021

Guru Bimbingan dan Konseling MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang, Abdul Rozaq, Sos Sabtu (18/12/21) mengikuti Assesmen Kompetensi Guru (AKG) di Laboratorium Komputer MTs.N 1 Lumajang.

Khusus Kabupaten Lumajang, AKGTK dilaksanakan selama dua hari : 18-19 Desember 2021 dengan pembagian 3 sesi setiap harinya. Pelaksanaan AKG dibagi menjadi dua tempat yang berbeda yaitu MTs.N 1 dan MAN Lumajang. Hal ini disebabkan banyaknya peserta guru dan tenaga kependidikan yang terjaring dalam AKG Tahun ini.

Baca Juga

KEPALA DAN GURU MTS. MIFTAHUL ULUM 2 IKUT AKG/AKK DI HARI TERAKHIR

Sebagaimana diketahui setelah sukses menyelenggarakan AKG tahun 2020 yang silam, Kementerian Agama RI kembali menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) bagi guru madrasah tahun 2021.

Kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) sebagai bagian dari Madrasah Education Quality Reform (MEQR). AKGTK tahun 2021 ini ditujukan kepada Kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA yang belum mengikuti kegiatan serupa tahun kemarin yang meliputi Guru Kelas RA dan Guru Kelas MI. Selanjutnya adalah guru mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris jenjang MTs dan MA, termasuk Guru Bimbingan Konseling di MTs, MA/MAK. Selain itu ditambah dengan guru mata pelajaran IPA (MTs), guru Fisika, Biologi, dan Ekonomi (MA).

Salah satu guru BK MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul yang terjaring untuk mengikuti AKG pada tahun ini mengatakan para peserta AKG dituntut fokus dan teliti dalam menjawab soal yang lumayan banyak dan melelahkan. Pasalnya soal yang diberikan bukan jawaban benar dan salah. Tetapi lebih banyak ke studi kasus dan pemecahannya (problem solving)

“Soal AKG lumayan karena soalnya banyak berupa studi kasus sehingga bukan hanya mencari jawaban, sebelum mencari jawaban harus menelaah dan memahami betul narasi soal yang diujikan supaya tahu apa maksud dan arah dari soal tersebut” ujar Abdul Rozaq

Leave a Reply

Your email address will not be published.