Guru Akidah Akhlak MTs. Miftahul Ulum 2 Ikuti Bimtek Implementasi Pembelajaran Kurikulum KMA 183-184 dan E-Learning

Guru Akidah Akhlak MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul, Wiwin Sugianto, S.Pd mengikuti Bimtek Implementasi Pembelajaran berdasarkan Kurikulum (KMA 183 dan 184) dan Implementasi ELearning jenjang MTs (Pembelajaran Akidah Akhlak MTs Zona Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI. Yogyakarta, Banten dan Bali), Rabu (14/10/20)

Kegiatan Bimtek Guru Akidah Akhlak yang akan diselenggarakan selama dua hari ini 14-15 Oktober 2020 ditempatkan di tiga titik lokasi yaitu : MTs Hasyim As’ari Labruk, MTs Nurul Islam Jatirejo Kunir dan MTs NU Nurul Islam Bades Pasirian. Bimtek dilaksanakan via link zoom tetap memperhatikan Standar Protokoler Kesehatan Gugus Tugas Covid-19.

MTs. Miftahul Ulum 2 yang masuk dalam KKM Wilayah Timur mengikuti Bimtek di MTs. Nurul Islam Kunir dari 6 Kecamatan : Kecamatan Rowokangkung, Kecamatan Yosowilangun, Kecamatan Tekung, Kecamatan Kunir, Kecamatan Jatiroto dan Kecamatan Randuagung

Direktur KSKK Madrasah, H. Ahmad Umar menyampaikan pentingnya Revolusi Pembelajaran di Madrasah di Era Revolusi Industri yang terkenal dengan 4.0. Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi MA/MAK Dr. H. Suwardi,M.Pd. : Menerjemahkan kelenturan KMA 184 dalam membuka ruang kreasi dan inovasi guru dalam melayani keberagaman bakat dan minat siswa.

“Ruh KMA 184 adalah memberikan ruang inovasi dan kreasi bagi madrasah dalam melayani keberagaman bakat dan minat siswa..” Ujarnya

“Madrasah di Indonesia saat ini 95 Swasta dan hanay 5 % Negeri yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Alhamdulih Perkembangan madrasah saat ini semakin berkembang dan sangat baik dari tahun ke tahun baik dari sisi prestasi madrasah maupun siswa.” imbuhnya

Riset madrasah pun dalam tiga tahun terakhir juga mengalami perkembangan yang sangat siginifikan. Hal ini dapat dilihat dari data yang dirilis oleh Kementerian Agama RI. Geliat riset siswa madrasah Tahun 2018 sebanyak 666 Proposal, tahun 2019 sebanyakl 1018 proposal. Tahun 2020 meningkat menjadi 5600 proposal. Dengan rincian ilmu agama : 1125, Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH) 2233 proposal, Matematika, Sains, Teknologi (MST) 2242 proposal.

Madrasah harus berupaya memaksimalkan seluruh potensi yang ada pada madrasah baik guru maupun siswa tanpa harus terbebani dengan sarana dan prasarana yang ada.

“Jangan terbebani dengan sarana dan prasana yang wah, jangan. Potensi yang ada kita optimalkan” tegasnya

Shofar Solahudin Bisri, M.Pd menyampaik materi Teknik Mendesain Adaptasi Kurikulum Akidah Akhlak MTs pada Masa Darurat. Dilanjutkan dengan narasumber ketiga yang disampaikan oleh Nurelah, M.Pd terkait Perencanaan Penilaian Mata pelajaran Akidah Akhlak MTs pada masa darurat maupun normal.

Usai Ishoma kegiatan bimtek dilanjutkan oleh Chusniyati, MA dengan materi Esensi KI/KD dalam KMA 183 Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs. Kegiatan Bimtek diakhiri oleh narasumber Dr. Imam Bukhori, M.Pd  yang menyampaikan materi seputra Pendekatan Pembelajaran Abad 21 dalam Pembelajaran PAI.

Namun demikian, Bimtek di hari pertama ini peserta Bimtek yang notabene guru Akidah Akhlak ada sedikit kekecewaan. Pasalnya salah satu materi disampaikan tidak sesuai dengan Mapel yang mereka ampu, yaitu materi Al-Qur’an Hadits.

2 Replies to “Guru Akidah Akhlak MTs. Miftahul Ulum 2 Ikuti Bimtek Implementasi Pembelajaran Kurikulum KMA 183-184 dan E-Learning”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *