Bina Soft Skill Siswa, MTs. Miftahul Ulum 2 Suskes Gelar Rekrutmen Pengurus OSIM Tahun 2021

Pembentukan Organisai Intra Madrasah (OSIM) di lingkungan madrasah adalah menjadi kewajiban bagi setiap madrasah. Manfaat keberadaan OSIM di lingkungan madrasah adalah sebagai prasarana pelaksanaan kebijakan pendidikan di bidang pembinaan kesiswaan. Dengan tujuan lebih lanjut, OSIM dapat menjadi jembatan penghubung informasi dan koordinasi dua arah antara siswa kepada para guru maupun sebaliknya.

Sebagai bagian dari institusi pendidikan, di usianya yang belum genap dua tahun MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul juga dituntut aktif melakukan pembinaan dan memberikan pendidikan tidak hanya sekedar pendidikan hard skill (pengetahuan dan kemampuan teknis) tetapi juga diimbangi kemampuan soft skill (kemampuan mengelola diri dan orang lain) sebagai bekal kepada  peserta didik pada jenjang pendidikan selanjutnya bahkan hingga terjun di masyarakat kelak. MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih kidul mengupayakan kegiatan pembentukan dan rekrutmen calon pengurus OSIM menjadi agenda tahunan.

Tepat pada hari Senin (25/01/2021), MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul melalui agenda dan program Waka. Kesiswaan menyelenggarakan rekrutmen pembentukan pengurus OSIM masa bakti 2021. Adapun siswa dan siswi yang mendaftarkan dirinya sebanyak 20 anak.  Para siswa dan siswi yang mendaftar tersebut akan melalui 2 tahapan seleksi yakni tes tertulis dan wawancara.

Di hari yang sama, pihak panitia seleksi yang diketuai oleh Zainul Arifin, SH selaku Waka. Kesiswaan menyelenggarakan tahapan seleksi yang pertama yakni tes tulis. Dalam tes ini, seleksi dilakukan dengan menilai dan mengurutkan nilai hasil jawaban tes tulis peserta dengan menggunakan sistem rangking. Dari seluruh siswa pendaftar yang awalnya 20 peserta, terpilih 16 siswa yang berhasil lolos untuk mengikuti tahapan seleksi yang kedua, yakni tes wawancara.

Keesokan harinya selasa (26/01/2021), 16 peserta yang tersisa mengikuti tahapan seleksi yang kedua yakni tes wawancara. Hal ini dilakukan untuk mengukur kemampuan vocal dan problem solving peserta disamping kemampuan kognitif. Dalam tes ini, peserta terbagi menjadi 5 pos, dalam setiap posnya terdapat satu penguji yang berasal dari komponen tenaga pengajar. Dalam tes ini juga tidak dilakukan tindakan eleminasi, karena tujuan dari tes ini adalah pemetaan kemampuan masing-masing peserta.

Hasil dari dua tes yang dilaksanakan di atas dipadukan dan dikombinasikan dengan hingga menghasilkan 3 peserta terbaik dalam kognitif dan jiwa kepemimpinannya. 3 peserta ini yang nantinya akan menjabat sebagai ketua, wakil ketua, dan sekretaris. Selanjutnya Penentuan siapa yang layak menjadi ketua, wakil ketua, dan sekretaris OSIM dilaksanakan dengan cara pemungutan suara di tiap-tiap kelas. Hal ini dimaksudkan untuk menanamkan jiwa berdemokrasi dimulai dari usia sekokah.

Tepatnya pada hari Rabu (27/01/2021), pemilihan dilanjutkan dengan cara pemungutan suara di tiap-tiap kelas. Sebelum para siswa menentukan pilihan mereka, ketiga peserta secara bergantian melakukan orasi di depan kelas. Setelah itu, para para siswa menuliskan nama peserta yang dipilihnya pada secarik kertas dan dikumpulkan di kotak yang telah disediakan oleh panitia. Dari hasil penghitungan suara tersebut, didapatkan hasil sebagai berikut:

  1. Muhammad Krisna Mauladani (kelas VIII A), mendapatkan total suara terbanyak ditetapkan sebagai Ketua OSIM MTs. Miftahul Ulum 2 Tahun 2021
  2. Peserta dengan nama Zahrotul Lailiyah (kelas VIII D), dengan total raihan suara terbanyak kedua ditetapkan sebagai Wakil Ketua OSIM
  3. Zahrotun Aliya ( Kelas VIII D) ditetapkan sebagai Sekretaris OSIM

Kemudian untuk 13 peserta lainnya yang telah lolos dalam dua tahapan seleksi di atas, ditetapkan sebagai anggota pengurus OSIM dengan jabatan bendahara, ketua seksi bidang literasi, ketua seksi bidang keamanan dan ketertiban, ketua seksi bidang kebersihan, dan anggota OSIM ditetapkan dengan cara musyawarah antara jajaran Pembina dan ketua, wakil, serta sekretaris OSIM yang telah terpilih berdasarkan hasil seleksi dan kompetensi masing-masing.

“Rangkaian seleksi rekrutmen pengurus OSIM MTs. Miftahul Ulum 2 sudah selesai dilaksanakan. Harapan saya, semoga siswa siswi yang telah ditetakan sebagai pengurus OSIM dapat menjalankan tugas dengan baik, amanah, harmonis, dan kolaboratif.” ucap Zainul Arifin selaku Waka. Kesiswaan

“Semoga OSIM perdana ini dapat membantu suksesnya program-program yang telah dicanangkan oleh Waka. Kesiswaan khususnya, dan program-program madrasah yang telah ditetapkan.” imbuhnya pria yang akrab disapa Ustadz Zainul saat sesi penutupan pemungutan suara.

Acara pelantikan pengurus OSIM terpilih akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Januari 2020 mendatang di Aula Terpadu Miftahul Ulum bersamaan dengan pelantikan pengurus Dewan Penggalang Pramuka gugus depan pangkalan MTs. MIftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul.

Reporter : Aris Purnomo, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *