Anak Terlindungi, Indonesia Maju (Memperingati Hari Anak Nasional 2021)

Oleh : Abdul Wafi Hasan, SH. *)

Presiden kedua RI Soeharto melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984 memutuskan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Pemilihan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional diselaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979. Sebelumnya, Hari Anak Nasional diperingati tiap tanggal 6 Juni atas perjuangan Kongres Wanita Indonesia (Kowani), tepatnya dalam sidang Kowani 1951.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa) RI merilis logo dan tema Hari Anak Nasional 2021, tema yang diangkat “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Dimaknai, setiap anak (termasuk mereka yang disabilitas) pastilah memiliki impian cita-cita. Walaupun dunia kini telah berubah, anak-anak harus tetap terlindungi hak-hak hidupnya dari kekerasan dan diskriminasi. Seluruh komponen bangsa harus mampu menjamin pemenuhan hak hidup, tumbuh dan berkembang, serta menyediakan ruang partisipasi bagi anak-anak sesuai harkat dan martabat.

Pandemi Covid-19 yang belum juga ada tanda-tanda surut, anak-anak perlu kita berikan perhatian khusus. Selain memberikan pendampingan dalam hal menuntut ilmu – paradigma pendidikan pun kini berubah menjadi merdeka belajar, anak-anak perlu dijaga kesehatan mentalnya. Dengan momen Hari Anak Nasional ini, marilah kita mengevaluasi setiap kebijakan atas dasar kebutuhan anak-anak. Jangan sampai kita abai terhadap anak-anak, khususnya karena Pandemi Covid-19 yang telah merubah pola hidup seluruh masyarakat dunia.

Anak sebagai generasi penerus bangsa perlu didukung dan dilindungi, agar tumbuh sebagai manusia yang bergembira, bersemangat, kreatif, berjiwa Pancasila yang mampu saling tolong-menolong, memahami, dan menghargai sesama. Selamat Hari Anak Nasional 2021, Anak Terlindungi Indonesia Maju.

*) Staf TU dan Pembina Eskul Tilawah dan Al-Banjari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *